×

InJourney Airports Siapkan 37 Bandara Hadapi Lonjakan Penumpang Nataru 2025/2026

15 Desember 2025 | Desember 15, 2025 WIB Last Updated 2025-12-15T05:29:05Z

 

Pembukaan Posko Nataru di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado (Foto: Istimewa)

JAKARTA, indinews.id – PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) memastikan kesiapan penuh 37 bandara yang dikelolanya untuk melayani perjalanan udara masyarakat pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026. 


Kesiapan tersebut meliputi aspek infrastruktur, fasilitas, serta personel guna mengantisipasi peningkatan lalu lintas penerbangan pada puncak musim liburan akhir tahun.


Sebagai bentuk kesiapsiagaan, InJourney Airports mengaktifkan Posko Nataru di seluruh bandara mulai 15 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026. Posko akan beroperasi selama 21 hari untuk memastikan aspek keamanan, keselamatan, dan pelayanan berjalan optimal sesuai regulasi.


Direktur Utama InJourney Airports Mohammad R. Pahlevi mengatakan pengoperasian posko selama 21 hari ini bertujuan untuk memastikan aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan di bandara berjalan optimal dan mematuhi regulasi di tengah peak season akhir tahun.


“Pendirian Posko ini menjadi penanda dimulainya kesiapan penuh seluruh bandara dalam melayani perjalanan udara masyarakat pada periode libur akhir tahun. Fokus kami adalah Melayani Sepenuh Hati kepada seluruh pengguna jasa bandara untuk memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman dan berkesan," ujarnya, Senin (15/12/2025).


Posko juga kata dia berfungsi sebagai wadah kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di bandara. 


“Sinergi antara InJourney Airports sebagai operator bandara, Regulator, maskapai penerbangan, operator ground handling, serta instansi terkait lainnya diperkuat melalui posko ini guna menjamin kelancaran operasional dan kenyamanan penumpang,” tutur Mohammad R. Pahlevi.


Posko juga menyediakan data lalu lintas penerbangan secara real-time untuk menjadi dasar pengambilan keputusan secara cepat dan tepat guna memastikan operasional bandara berjalan lancar. 


Tren lalu lintas penerbangan dan pergerakan penumpang pesawat dipantau setiap hari melalui posko, dimana data ini menjadi dasar dalam mengoptimalkan fasilitas, personel dan infrastruktur bandara untuk kelancaran operasional bandara. 


"Pada periode Nataru di bandara-bandara InJourney Airports selama 21 hari ini, kami memperkirakan pergerakan penumpang mencapai sekitar 10 juta penumpang. Seluruh bandara siaga operasi 24 jam menyesuaikan kebutuhan maskapai,” jelas Mohammad R Pahlevi. 


Bandara-bandara InJourney Airports juga didukung prosedur Airport Management yang diperkuat infrastruktur IT modern. Bagian dari Airport Management tersebut antara lain Airport Operation Control Center (AOCC) yang merupakan control room untuk mengetahui kondisi operasional secara real-time.


Ada juga Management Operation based on Traffic (MOT) yakni sistem yang dapat memprediksi pergerakan atau kepadatan penumpang di terminal serta memberikan rekomendasi optimalisasi fasilitas dan kebutuhan SDM untuk memastikan pelayanan berjalan dengan baik.


Selain itu, seluruh infrastruktur bandara dipastikan siap pada periode Nataru. “Infrastruktur sisi udara yakni runway, taxiway, apron hingga sistem kelistrikan dan fasilitas drainase dipastikan dalam kondisi baik untuk melayani penerbangan,” ujarnya.


Pada periode Nataru kali ini, InJourney Airports juga meluncurkan inovasi layanan terbaru. Wakil Direktur Utama InJourney Airports Achmad Syahir mengatakan inovasi layanan tersebut sebagai upaya menunaikan janji Melayani Sepenuh Hati. 


Pada periode Nataru ini InJourney Airports memperkenalkan inovasi layanan terbaru yakni customer service mobile. Staf customer service mobile memakai seragam jas dan berdasi batik. 


"Mereka bergerak secara mobile di terminal dan memberikan solusi secara langsung di spot manapun termasuk pada passenger service touch seperti area check-in, boarding lounge, arrival hall dan lain sebagainya,” kata Achmad Syahir. 


Lebih lanjut, jelas Achmad Syahir mengatakan selama Periode Nataru ini bandara turut menghadirkan suanana Natal dan Tahun Baru untuk menemani perjalanan masyarakat. 


“Mayoritas perjalanan pada akhir tahun dilakukan oleh keluarga yang sedang berlibur. Sejalan dengan ini, kami menghadirkan program aktivasi customer experience hingga nuansa Natal dan Tahun Baru yang dapat dirasakan 5 panca indera untuk memberikan seamless journey experience kepada seluruh keluarga yang melakukan perjalanan pada libur panjang akhir tahun ini,” jelas Achmad Syahir. 


Melalui beragam fasilitas dan inovasi layanan, InJourney Airports berkomitmen memberikan pelayanan terbaik di 37 bandara.


(sab)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close