![]() |
Dari 1955 hingga 2025, CIMB Niaga Konsisten Berinovasi untuk Nasabah (Foto: Istimewa) |
MANADO, indinews.id - Di ulang tahunnya yang ke 70, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus berperan aktif dalam membantu nasabah dan masyarakat Indonesia mewujudkan mimpi dan aspirasinya dengan semangat bekerja dari hati, sejalan dengan purpose Advancing Customers and Society.
Sejak didirikan pada 26 September 1955, bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia ini berkomitmen menghadirkan solusi keuangan yang adaptif terhadap kebutuhan masyarakat.
Salah satu langkah nyata adalah pengembangan ekosistem digital perbankan yang memudahkan transaksi keuangan, baik untuk nasabah individu maupun pelaku usaha kecil menengah.
Inovasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi, tetapi juga memperluas akses masyarakat terhadap layanan keuangan formal.
Perjalanan tujuh dekade CIMB Niaga ditandai dengan berbagai inovasi terdepan di industri perbankan di Indonesia.
Mulai dari bank pertama di Indonesia yang menghadirkan mesin ATM (1987), bank pertama yang menyediakan layanan perbankan secara online (1991), hingga transformasi digital melalui aplikasi OCTO Mobile (2020) yang terus dikembangkan dengan fitur lengkap dan terkini sesuai dengan kebutuhan nasabah.
Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan di usia 70 tahun ini, pihaknya tidak hanya merayakan perjalanan panjang CIMB Niaga, tetapi menegaskan posisi sebagai bank yang relevan di setiap era: stabil secara finansial, inovatif secara digital, serta bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.
"Semua pencapaian ini adalah fondasi untuk terus membantu nasabah dan masyarakat Indonesia mewujudkan mimpi dan aspirasinya dengan semangat bekerja dari hati melalui layanan finansial yang aman, cepat dan berdampak positif, serta menekankan komitmen keberlanjutan," kata Lani di Jakarta, Jumat (26/9/2025).
Dalam pengembangan digital, Inovasi dan customer centricity tetap menjadi fokus CIMB Niaga. Pada semester I 2025, 90 persen dari total transaksi finansial nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Bizchannel@CIMB, Automated Teller Machines (“ATM”), dan OCTO Pay (e-money).
Selain itu, CIMB Niaga juga menghadirkan digital experience melalui model Digital Branch yang unik, yang memadukan fitur Cabang Konvensional dan Digital Lounge.
Untuk mendorong adopsi digital di kantor cabang lainnya, CIMB Niaga juga memperkenalkan Digital Hub yang dilengkapi mesin Self-Service Banking dan Self-Service Tablet untuk mempercepat layanan kepada nasabah.
Adapun konsep cabang ini menawarkan pengalaman perbankan yang komprehensif dan serba digital, sembari tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga.
Hingga 30 Juni 2025, konsep ini telah diimplementasikan di 54 lokasi di seluruh Indonesia, terdiri dari 25 Digital Branch dan 29 Digital Hub.
Integrasi dari layanan digital di kantor cabang ini telah meningkatkan customer experience serta efisiensi layanan secara signifikan, yang dapat memungkinkan pembukaan tabungan, penggantian kartu dan proses pengkinian/maintenance Customer Information File (“CIF”) diselesaikan dalam waktu 5 menit melalui mesin Self-Service Banking.
Transformasi ini mencerminkan upaya Bank dalam menghadirkan layanan perbankan yang Simpler, Better and Faster, sekaligus mempertahankan layanan personal kepada para nasabah.
OCTO Mobile telah bertransformasi menjadi aplikasi digital banking yang terus mendukung nasabah digital savvy. Layanan utama seperti transfer BI-FAST, top-up e-wallet (seperti GoPay, OVO, ShopeePay), pembayaran QRIS, serta beragam pilihan pembayaran tagihan termasuk PDAM dan PBB siap mendukung aktivitas harian nasabah.
Pada periode ini, CIMB Niaga memperkenalkan beberapa inovasi baru, salah satunya QRIS Tap yaitu metode pembayaran contactless menggunakan perangkat Android dengan NFC. Peluncuran QRIS Tap mendukung visi Bank Indonesia untuk pembayaran digital yang lebih mudah.
Fitur lain adalah Click-to-Call, yang memungkinkan nasabah menghubungi layanan 14041 melalui koneksi internet. OCTO Mobile juga kini mendukung isi ulang TapCash, memperluas ekosistem top-up e-wallet yang tersedia dalam aplikasi.
“Kami berharap beragam program yang kami hadirkan dapat terus meningkatkan loyalitas nasabah. Di usia ke-70, CIMB Niaga siap melangkah ke depan dengan penuh keyakinan untuk mengukir lebih banyak kisah sukses bersama nasabah," ujar Lani
#GetWealthSoon tetap menjadi tema andalan yang diusung untuk investasi digital. #GetWealthSoon bertujuan untuk terus mengedukasi dan mendorong kebiasaan investasi sejak dini di kalangan nasabah muda dan generasi melek digital.
Nasabah dapat berinvestasi dengan mudah di reksa dana, obligasi pemerintah ritel (misalnya SR022), dan obligasi sekunder (korporasi dan pemerintah) lewat OCTO. Nasabah juga dapat membuka rekening dengan 15 mata uang asing (seperti JPY, KRW, dan MYR), mengakses kurs valuta asing secara real-time, dan menghubungkan kartu debit ke akun FX pilihan untuk transaksi luar negeri.
OCTO terus berfokus untuk memberikan pengalaman digital optimal dan memiliki aspirasi untuk menjadi platform digital wealth terbaik di Indonesia. Saat ini OCTO telah memiliki deretan fitur unggulan termasuk kemampuan untuk membandingkan kinerja berbagai reksa dana atau obligasi, menampilkan data performa historis 5 tahun, dan kinerja portofolio bulanan.
Rangkaian inovasi dan peningkatan fitur digital wealth akan terus dihadirkan sepanjang 2025 untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang terus berkembang.
OCTO Clicks senantiasa menjadi platform favorit nasabah untuk memenuhi kebutuhan perbankan dan investasi yang lebih lengkap. Salah satu fitur unggulannya adalah transaksi beli dan jual emas bekerja sama dengan Pegadaian, yang semakin melengkapi berbagai pilihan transaksi digital, investasi, dan layanan lainnya melalui internet banking CIMB Niaga.
Pengalaman digital wealth yang unggul, desain UI/UX yang menarik, serta fitur yang lengkap membuat OCTO semakin siap memanfaatkan tren digitalisasi. Transaksi finansial melalui OCTO (website dan aplikasi) meningkat sebesar 35 persen pada semester I 2025.
Pertumbuhan yang konsisten ini menunjukkan perubahan preferensi pengguna yang signifikan dan juga semakin tingginya kepercayaan nasabah terhadap kanal digital sebagai pilihan utama.
Selain itu, anak perusahaan PT CIMB Niaga Auto Finance ("CNAF") juga telah mengembangkan aplikasi digitalnya sendiri bernama CNAF Mobile yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponselnya.
Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 395 cabang.
Per 30 Juni 2025, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 2.962 ATM (termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine) dan 699.309 EDC, QR dan e-Commerce.
Berkat inovasi digital berkelanjutan dan perluasan jaringan, pada periode yang berakhir 30 Juni 2025, CIMB Niaga menerima sejumlah penghargaan termasuk :
- Digital Brand Appreciation 2025 sebagai The 2nd Best Credit Card KBMI 3, The 2nd Best Mobile Banking KBMI 3, The 3rd Best Savings Product KBMI 3, The 3rd Best Mortgage KBMI 3, The Best e-Money Bank KBMI 3, The 2nd Best Internet Banking KBMI 3, The 2nd Best Debit Card KBMI 3, The 2nd Best Deposit Product KBMI 3 dari Infobank dan Isentia
- Indonesia Digital Innovation Awards 2025 sebagai The Most Innovative Digitalization of Conventional Bank 2025 for Banking Services Modernization through Various Digital Initiatives untuk kategori Conventional Bank dari Warta Ekonomi
- Indonesia Digital Sustainability Award 2025 sebagai Indonesia Best Digital Awards 2025 untuk Conventional Bank for The Development of User-Friendly Mobile App and Digital Document Management System, kategori Conventional Bank dari Jak TV
- The Top Brand Awards 2025 untuk OCTO Savers Jr Award Recognition of Outstanding Achievement in Building the Top Brand (Kategori: Tabungan Anak-anak)
Kini bersama 9,1 juta nasabah di seluruh Indonesia, CIMB Niaga terus memperkuat posisinya sebagai mitra finansial yang diandalkan untuk beragam kebutuhan.
"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh nasabah dan stakeholders atas kepercayaan dan dukungan yang telah menjadi bagian penting dari perjalanan CIMB Niaga selama tujuh dekade," tutup Lani.
(sab)