Notification

×

Pilrek Unsrat Siap Digulir, Nizam Ingatkan Hormati Proses

12 Oktober 2022 | Oktober 12, 2022 WIB Last Updated 2022-11-04T05:39:12Z
Dirjen Dikti Ristek, Prof Nizam disambut Rektor Unsrat, Prof Ellen Joan Kumaat saat tiba di Rektorat Unsrat.

MANADO, (indinews.id) – Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dikti Ristek), Kemendikbud Ristek Prof Ir Nizam PhD dan Irjen Kemeterian Dikbuddiktiristek, Dr Chatarina Muliana SH SE MH hadir langsung pada pelaksanaan Rapat Pleno Senat Akademik Unsrat, di Rektorat Unsrat, Rabu (12/10/2022).

Kunjungan keduanya menjadi jawaban atas tertundanya pelaksanaan pemilihan rektor (pilrek) Unsrat.

Nizam menyampaikan bahwa pilrek Unsrat segera dilaksanakan kembali dalam tempo secepatnya. Yakni mulai dari penjaringan dan penyaringan sesuai peraturan yang ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek.

“Pemilihan ulang rektor Unsrat segera dilaksanakan, mulai dari penjaringan dan penyaringan sesuai peraturan Menteri,” tegasnya seperti dikutip oleh juru bicara Unsrat Dr Max Rembang.

Dia bilang, semua harus menaati dan menghormati proses pemilihan secara normatif. “Pada proses pemilihan ulang ini semua harus menghormati proses pemilihan secara normatif,” tukasnya kembali.

Di momen yang dihadiri seluruh jajaran senat Unsrat, Nizam kembali menegaskan agar semua pihak mengedepankan sportifitas dan integritas.

“Hentikan cara-cara yang tidak elegan, seperti lapor-melapor yang tidak benar dan tidak faktual,” tandasnya.

Irjen Kementerian Dikbuddiktiristek Chatarina Muliana, yang juga hadir menekankan agar semua pihak dapat menghentikan cara-cara yang tidak terhormat dan bertentangan dengan hukum dalam proses pemilihan ulang rektor.

“Cara-cara yang tidak terhormat dan bertentangan dengan hukum dalam proses pemilihan ulang rektor harus dihentikan, mari hormati proses pemilihan rektor sesuai dengan aturan Menteri,” ungkapnya.

Rektor Unsrat Prof.Dr.Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc.DEA menyatakan sangat mendukung arahan Dirjen dan Irjen, harapannya agar pemilihan rektor berlangsung normatif, lancar dan saling menghormati dalam kontestasi.

“Lebih cepat terpilihnya rektor baru lebih baik,” katanya.

Bukan itu saja, Prof Kumaat juga menyatakan bahwa dirinya dalam fase perpanjangan jabatan berupaya untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Karena baginya nama baik Unsrat adalah prioritas.

“Harapan saya, pemilihan ulang rektor dapat berjalan baik, sehingga akan terpilih rektor definitif,” tukasnya.

Ketua Senat Akademik Unsrat Dr Paulus Kindangen SE SU MA menyatakan sangat merespon arahan Dirjen, Irjen serta harapan Rektor Unsrat.

Untuk itu, pada pekan depan, Selasa (18/10/2022) akan diadakan Rapat Pleno Senat yang siap menetapkan panitia pemilihan dan penetapan agenda pemilihan rektor Unsrat. (Alfa Langkai)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close