Inilah Cara Menggunakan Concealer untuk Samarkan 5 Jenis Jerawat

Ilustrasi jerawat. (Foto: Shutterstock) 

Jakarta - Munculnya jerawat di wajah memang membuat penampilan jadi kurang sempurna. Terutama jika foundation dan bedak saja tidak cukup untuk menutupinya.

Kalau begitu solusinya adalah concealer. Tetapi memakai concealer itu gampang-gampang susah. Ada trik tersendiri yang perlu diketahui. Jenis jerawat yang berbeda juga membutuhkan teknik concealing yang berbeda.

Berikut ini cara menggunakan concealer untuk menyamarkan jerawat sesuai jenisnya.

Blackheads
Umumnya, blackheads sering terjadi pada bagian hidung. Sesuai namanya, blackheads berwarna hitam yang membuatnya dapat terlihat lebih jelas dibandingkan whiteheads.

Anda dapat menyiasatinya dengan memilih base-product dari berbagai jenis tekstur seperti menggunakan liquid concealer dengan liquid dan powder foundation. Cara pengaplikasiannya cukup mudah. Aplikasikan liquid concealer pada daerah wajah yang memiliki blackheads.

Setelahnya, pulaskan liquid foundation hingga terbaur dengan sempurna menggunakan foundation brush lalu set daerah yang menggunakan concealer tersebut menggunakan powder foundation. Agar tidak terlihat cakey pastikan ketiga produk sudah merata dengan baik.

Whiteheads
Jenis jerawat selanjutnya adalah whiteheads. Jika ingin menyamarkan jerawat jenis ini, carilah concealer yang hadir dalam bentuk jar atau tube karena memiliki tekstur yang lebih tebal sehingga dapat lebih menempel dan menutupi whiteheadslebih sempurna.

Aplikasikan concealer menggunakan brush yang ujungnya lancip seperti eyeliner brush, lalu tepuk-tepuk perlahan menggunakan jari hingga menyatu dengan warna kulit.

Terakhir, set concealer dengan powder foundation menggunakan brush yang akan memberikan coverage dan berfungsi membuat concealer lebih tahan lama.

Jerawat Meradang
Jerawat yang masih meradang (inflammation acne) cenderung menimbulkan warna merah di wajah. Nah, kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan color corrector berwarna hijau dan concealer bertona kuning (yellow-tone).

Aplikasikan color corrector tersebut ke bagian jerawat dan daerah yang mengalami redness. Baurkan hingga warna merahnya tersamarkan. Barulah setelahnya, aplikasikan concealer bertona kuning.

Saat ingin men-set, hindari menggunakan terlalu banyak powder karena hal tersebut dapat mengangkat concealer sehingga jerawat dapat terlihat kembali.

Beruntusan
Tinggal di negara beriklim tropis cenderung membuat banyak orang Indonesia sering mengalami beruntusan. Agar pengaplikasian concealer hasilnya lebih baik, pilihlah concealer yang dikhususkan untuk kulit berminyak.

Alangkah lebih baiknya, jika Anda juga menggunakan pelembap yang berformula oil-free dahulu sebelum mengaplikasikan concealer pada wajah. Moisturizer dapat membuat kulit lebih terhidrasi dan membuat concealer akan lebih mudah untuk menempel.

Walaupun tidak bisa mengatasi permasalahan teksturnya, paling tidak dengan menggunakan concealer kamu dapat menutupi dan menyamaratakan warna jerawat (beruntusan) tersebut dengan warna kulit.

Dark Spots
Setelah masa breakout selesai, biasanya seseorang akan mengalami masalah hiperpigmentasi yang salah satunya seperti timbulnya bintik hitam atau kecoklatan pada kulit.

Tips menggunakan concealer yang efektif untuk dark spot adalah gunakan yang memberikan daya tutup full coverage serta produk yang ditujukan untuk hiperpigmentasi dan skin discoloration.

Demikian cara menggunakan concealer untuk menutupi setiap jenis jerawat.

Sumber: Beauty Journal/Fimela.com
Baca Juga:

Posting Komentar

0 Komentar