Notification

×

Rektor Unsrat Prof Ellen Terima Dokumen Historis dari Cucu Sam Ratulangi

17 Agustus 2022 | Agustus 17, 2022 WIB Last Updated 2022-11-05T08:54:39Z
Rektor Unsrat, Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA saat menerima dokumen historis dari cucu Pahlawan Nasional Sam Ratulangi, Shirra Marina Sutan Assin. Ist

MANADO, (indinews.id) - Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat, MSc DEA menerima dokumen historis dari cucu Pahlawan Nasional Sam Ratulangi, Shirra Marina Sutan Assin, Selasa (16/8/2022).

Prof Ellen Kumaat mengatakan, penyerahan sebagian dokumen historis tentang Dr Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi oleh cucunya bertepatan dengan momen perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kami sangat berbahagia dan berterima kasih kepada Keluarga Sam Ratulangi atas tambahan dokumen itu untuk terus menambah isi Wale Ratulangi di kampus ini,” ungkapnya.

Pihaknya masih berharap keluarga bisa menyerahkan barang atau dokumen milik Sam Ratulangi untuk semakin memperlengkapi Wale Ratulangi ini agar diketahui generasi sekarang yang akan datang.

Namun satu hal yang menurutnya sangat penting yang menjadi tanggung jawab moril segenap Civitas Unsrat kepada keluarga adalah bagaimana menjaga nama besar Sam Ratulangi dengan terus ada dan berkembang dalam prestasi.

“Pada kesempatan ini kepada keluarga saya sampaikan bahwa Universitas Sam Ratulangi terus berupaya menjaga nama besar Sam Ratulangi dengan terus meningkatkan karya akademik, Seni, dan Budaya. Saat ini secara kelembagaan Unsrat Terakreditasi Unggul, juga ada Fakultas dan beberapa Prodi terakreditasi unggul,” pungkas Prof Ellen.

Sementara Cucu Sam Ratulangi, Shirra Marina Sutan Assin mengatakan bahwa keluarga bangga dan berterima kasih kepada Rektor serta Civitas Unsrat yang peduli dan terus memelihara nama besar leluhur mereka.

"Kami keluarga ingin terus berkontribusi untuk mengisi sarana Wale Ratulangi yang indah ini dengan momento-momento yang dimiliki langsung keluarga opa Sam,” katanya.

Berikut dokumen historis yang diserahkan keluarga:

• Catatan Dr Emelia Augustina Ratulangi Pangalila, 100 Tahun, di Belanda.

• Catatan Dr Everdina Matulada, 89 Tahun di Jakarta.

• Copy Artikel Majalah Mimbar Indonesia, 18 Desember 1948

• Copy Artikel Majalah Merdeka Indrpenden, 9 Juli 1949.


Acara ini dihadiri WR1 Prof Dr Grevo S Gerung, MSc, WR2 Dr Ronny A Maramis, SH, MH, Karo Umum, Dra Lusye Manumpil, MSi, Karo Akademik dan Kemahasiswaan, Welliam Pangemanan, SH, MH, Ketua Tim Pengelola Wale Ratulangi, Drs Raymond Mawikere, MHum, Dekan FIB, Maya P Warouw, SS,M Hum, M Ed, PhD. (**/Alfa Langkai)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close