MEDAN, indinews.id - Telkomsel menyampaikan duka cita mendalam atas bencana hidrometeorologi yang melanda Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.
Bencana berupa banjir dan tanah longsor tersebut tidak hanya memutus akses masyarakat, tetapi juga mengganggu operasional layanan telekomunikasi akibat padamnya pasokan listrik di sejumlah wilayah.
Vice President Consumer Business Area Sumatera Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, mengatakan Telkomsel terus mengupayakan percepatan pemulihan jaringan sekaligus menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi warga terdampak.
“Kami turut berduka atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita di berbagai wilayah Sumatera. Di tengah tantangan akses dan infrastruktur yang masih sulit, kami berkomitmen untuk terus hadir dan memaksimalkan seluruh upaya untuk mempercepat pemulihan jaringan, sekaligus memperluas bantuan kemanusiaan melalui kerja sama dengan berbagai pihak,” ujar Saki, Jumat (28/11/2025).
Di Aceh, lebih dari 1.430 site, 2.400 BTS, dan 15 STO mengalami gangguan signifikan akibat pemadaman listrik, robohnya tower SUTET, serta akses jalan yang terputus. Upaya pemulihan membutuhkan dukungan khusus seperti perahu karet dan perangkat satelit.
Di Sumatera Utara, sekitar 1.100 site, 1.900 BTS, dan 10 STO turut terdampak, terutama di wilayah Gunung Sitoli, Teluk Dalam, dan Sibolga akibat putusnya jaringan fiber optic (FO) pada jalur Sibolga–Barus.
Sementara itu di Sumatera Barat, lebih dari 190 site, 360 BTS, dan 1 STO terdampak kerusakan infrastruktur dan gangguan pada jalur backbone di sejumlah titik.
Selain pemulihan jaringan, Telkomsel juga menyalurkan bantuan sosial berupa sembako dan air bersih kepada lebih dari 400 kepala keluarga (KK) pengungsi di Aceh Singkil dan 1.200 KK di posko bencana Pidie Jaya. Perusahaan juga membuka dapur umum untuk warga terdampak di Sibolga.
Bantuan sembako dan air bersih turut disalurkan ke masyarakat terdampak di Sipirok, Tapanuli Selatan, Agam, Tanah Datar, Pasaman Barat, dan beberapa wilayah lain di Sumatera Utara, Aceh, serta Sumatera Barat melalui posko kemanusiaan setempat.
Telkomsel memastikan koordinasi terus dilakukan bersama pemerintah daerah dan instansi terkait demi percepatan pemulihan jaringan dan distribusi bantuan agar tepat sasaran. Perusahaan juga mengimbau masyarakat tetap waspada dan mengutamakan keselamatan selama masa darurat.
(sab)
